Jumat, 16 Desember 2011

Tugas Metode Riset Minggu ke 5

Nama : Ken Adi S
NPM : 12209770
dosen : prihantoro

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
Dari penelitian melalui pembahasan dari bab – bab sebelumnya, maka penulis dapat menarik beberapa kesimpulan, sebagai berikut :
1. Biaya promosi yang telah dikeluarkan PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi. Setiap tahunnya Biaya Promosi mengalami kenaikan. Hasil perhitungan prosentase kenaikan dengan menggunakan tahun 2002 sebagai tahun dasar maka dapat disimpulkan pada tahun 2003 terjadi kenaikan biaya promosi sebesar 2.61 %, dan pada tahun 2004 terjadi kenaikan biaya promosi sebesar 14.50 %, pada tahun 2005 biaya promosi naik menjadi 33.77 %, serta pada tahun 2006 terjadi kenaikan biaya promosi sebesar 79.37 %.
2. Volume penjualan genteng mengalami kenaikan dalam setiap tahunnya, dari hasil perhitungan dengan melihat persentase dan menggunakan tahun 2002 sebagai tahun dasar, maka dapat disimpulkan pada tahun 2003 terjadi kenaikan volume penjualan sebesar 19,82 %, tahun 2004 naik menjadi 80,02 %, tahun 2005 naik menjadi 99,03 %, dan pada tahun 2006 volume penjualan genteng naik sebesar 108,28 %.
3. Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan genteng, dihitung dengan analisis statistik. Dari hasil perhitungan maka hubungan antara variabel X (Biaya Promosi) dan Y (volume penjualan) sebesar r = 0,782 hasil tersebut menunjukan semakin tinggi nilai X (Biaya Promosi), maka akan semakin besar pula Y (volume penjualan), kemudian dihitung seberapa besar pengaruh Biaya Promosi terhadap volume penjualan dengan menggunakan Koefisien Determinasi yaitu KD = (0,782)2 x 100 % = 0.6121 artinya bahwa nilai rata – rata volume penjualan sebesar 61.21 % ditentukan oleh biaya promosi yang telah dikeluarkan perusahaan. Dan dari persamaan regresi diperoleh hasil Y = 46.761+ 0,921(x). Persamaan tersebut menunjukan bahwa apabila Biaya Promosi dinaikan sebesar Rp.1, maka akan mempengaruhi kenaikan volume penjualan sebesar 0,921 unit hal ini terlihat dari nilai b yang Positif

5.2 Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan di atas, maka penulis mengusulkan saran – saran yang mungkin berguna sebagai berikut :
1. Dalam menetapkan biaya promosi sebaiknya perusahaan juga mempertimbangkan kondisi internal dan exsternal perusahaan, serta harus juga mempertimbangkan bentuk, mutu barang, dan kekuatan persaingan.
2. Dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan tidak hanya berfokus kepada promosi saja. Tapi juga harus mempertimbangkan unsur harga dan unsur bauran pemasaran lainnya
3. Pengaruh Biaya promosi terhadap volume penjualan sebesar 61.22 % menunjukan bahwa kegiatan promosi mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan penjualan tetapi unsur – unsur bauran pemasaran yang lain juga harus dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar