Selasa, 16 November 2010

Organisasi dan Manajemen

1. Bentuk Organisasi


Menurut Hanel
Suatu sistem sosial ekonomi atau sosial tehnik yang terbuka dan berorientasi pada tujuan

Sub sistem koperasi:
•individu (pemilik dan konsumen akhir)
•Pengusaha Perorangan/kelompok ( pemasok / supplier)
•Badan Usaha yang melayani anggota dan masyarakat

Menurut Ropke
Identifikasi Ciri Khusus
•Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
•Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi (swadaya kelompok koperasi)
•Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi)
•Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa)
•Sub sistem
•Anggota Koperasi
•Badan Usaha Koperasi
•Organisasi Koperasi

Di Indonesia
Bentuk : Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola dan Pengawas
•Rapat Anggota,
Wadah anggota untuk mengambil keputusan
Pemegang Kekuasaan Tertinggi, dengan tugas :
•Penetapan Anggaran Dasar
•Kebijaksanaan Umum (manajemen, organisasi & usaha koperasi)
•Pemilihan, pengangkatan & pemberhentian pengurus
•Rencana Kerja, Rencana Budget dan Pendapatan serta pengesahan Laporan Keuangan
•Pengesahan pertanggung jawaban
•Pembagian SHU
•Penggabungan, pendirian dan peleburan

2. Hirarki Tanggung Jawab

Pengurus
Tugas
•Mengelola koperasi dan usahanya
•Mengajukan rancangan Rencana kerja, budget dan belanja koperasi
•Menyelenggaran Rapat Anggota
•Mengajukan laporan keuangan & pertanggung jawaban
•Maintenance daftar anggota dan pengurus
•Wewenang
•Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan
•Meningkatkan peran koperasi
Pengelola
Karyawan / Pegawai yang diberikan kuasa & wewenang oleh pengurus
•Untuk mengembangkan usaha dengan efisien & profesional
•Hubungannya dengan pengurus bersifat kontrak kerja
•Diangkat & diberhentikan oleh pengurus

Pengawas

Perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya organisasi & usaha koperasi
UU 25 Th. 1992 pasal 39 :
•Bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi
•Berwenang untuk meneliti catatan yang ada & mendapatkan segala keterangan yang diperlukan

3.Pola Manajemen

a.Perencanaan
Perencanaan merupakan proses dasar manajemen. Dalam perencanaan manajer memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, bagaimana melakukan dan siapa yang harus melakukan.

b.Pengorganisasian dan Struktur Organisasi
Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efisien. Pelaksanaan proses pengorganisasian akan mencerminkan struktur organisasi yang mencakup beberapa aspek penting seperti:
1.Pembagian kerja,
2.Departementasi,
3.Bagan organisasi,
4.Rantai perintah dan kesatuan perintah,
5.Tingkat hierarki manajemen, dan
6.Saluran komunikasi dan sebagainya.

Struktur Organisasi dalam Koperasi :
Pemilihan bentuk struktur organisasi koperasi harus disesuaikan dengan macam usaha, volume usaha, maupun luas pasar dari produk yang dihasilkan. Pada prinsipnya semua bentuk organisasi baik, walaupun masing-masing mempunyai kelemahan.

c.Pengarahan
Supaya kepentingan yang berbeda-beda tersebut tidak saling bertabrakan satu sama lain, maka pimpinan perusahaan harus dapat mengarahkannya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sumber
http://aseflia.blogspot.com/2009/11/bab-iii-bentuk-organisasi-hanel-l-suatu.html
http://eko87kurnia.multiply.com/journal/item/8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar